Cara Mudah Membuat System Backup dan Restore di Windows

December 11, 2016 52 0 0

AZLEWS.com — Hi Blogger, si pemecah masalah, ataupun pembaca setia dimanapun berada, Kali ini saya akan membuat tutorial Cara Mudah Membuat System Backup dan Restore di Windows. Secara umum untuk pembuatan backup maupun restore baik untuk OS (Operating System) Windows (Win) 7, Win 8, Win 10 kurang lebih sama dan tidak mempengaruhi data-data maupun file-file anda baik pada saat pembuatan backup di system maupun pada saat progress restore.

Untuk penjelasan, pengalaman, dan beberapa catatan dari saya bahwa banyak sekali user medium IT  ataupun end user menyepelekan fasilitas fitur system backup dan restore ini kebanyakan dari mereka justru lebih memilih jalan ruwet dan panjang menuju Roma *lhoh XD menuju perbaikan maksudnya dengan jalan INUL (INstall ULang) yang padahal kan justru mempersulit memperuwet dengan backup duluuu data-data di system usernya kayak folder Download, Documents, dan lain sebagainya. belum lagi nginstall-nginstall driver nya, belum lagi nunggu burningan CD windowsnya, belum lagi install-install aplikasi pendukungnya setelah install duuuh ruwet bin mumet daaah, trust me jalan begitu kalo udah bener-bener mentok tok tok tok daah baru final decisionnya ambil langkah seperti itu.

Baca Juga: Membuat Signature HTML untuk email

Sejatinya Windows ituh sendiri sudah membuat point backup defaultnya yakni biasanya pada saat install driver-driver penunjang Hardware anda, ataupun pada saat setup aplikasi gaming yang High Definition alias game berat tapi gak mungkin juga kan kerusakan system pada PC kita langsung hari itu juga bulan ituh juga. Biasanya sepengalaman saya, sepengamatan saya *cak ilah ^^ selama menjadi IT Support, Helpdesk, Datacenter hal kerusakan pada system windows, atau kerusakan pada system registry DIKARNAKAN oleh user itu sendiri baik dominan dari virus, adware (virus-virus iklan yang biasanya ada di streaming online website), email spam, flashdisk yang sudah terjangkit virus shortcut, ramnit, yang mana hal tersebut yang bisa merusak file-file system point backup yang sudah ada sehingga pada saat kita menjalankan progress restore ke point system yang kita inginkan gak bisa alias damage backup system alias rusak. Oh yaa terkadang setelah update windows sekalipun hal yang merusak system dapat terjadi seperti jadi berat, dan parahnya lagi gagal boot atau gagal masuk ke startup windowsnya 🙁 perihal ini banyak sebabnya, bisa jadi koneksi kita fail pada saat download update, disk C/Windows kita yang sudah sekarat alias tinggal dikit, virus bandel yang membuat disable update di system maupun registry windows, PC kita gak mumpuni atau tidak sengaja PC kita mati pada saat progress update otomatis di windows dan lain hal semacamnya perihal yang saya sebutkan merupakan analisa dan pengalaman saya pada saat terjadi di lapangan.

Ok sekarang kita kembali lagi ke judul ^^

Membuat System Backup dan Restore di Windows

  1. Buka Windows Explorer anda atau shortcutnya Win (lambang windows di keyboard) + E
  2. Klik kanan My Computer atau nama PC anda yang telah anda namakan sendiri di sini saya menggunakan contoh dengan OS Win 8 (lihat gambar)

Cara Mudah Membuat System Backup dan Restore di Windows

3. setelah itu pilih System Protection

                            4. Kemudian setelah muncul System proctetion tersebut klik create kemudian namakan pointing                                          backup yang anda gunakan.

Cara Mudah Membuat System Backup dan Restore di Windows

5. Tunggu proses pembuatan point backup tersebut hingga selesai dan sukses dengan tulisan “the restore                           point was created successfully.” Jika sudah muncul seperti itu selamat anda sudah jago ehehee

RESTORE

Nah sekarang langkah restore atau kembali ke masa-masa atau ke tanggal pada saat kita membuat point backup, saya mengingatkan kembali bahwa pada saat restore maupun backup data anda yang dulu dan sekarang tidak berpengaruh atau tidak terkena imbas dampaknya seperti hilang ataupun terhapus, namun saya sendiri belum mengetahui jika data-data email akan kembali ke masa lalu atau terhapus bin hilang atu tidak dikarnakan email masuk ke dalam profile system user 🙁 nanti jika ada case lagi atau sudah saya coba saya update kembali, kembali ke langkah-langkah restore ke point backup yang kita inginkan

  1. Hampir sama seperti langkah pertama diatas, buka windows explorer anda (Win+E) Klik kanan Properties di nama Computer anda My Computer>Properties
  2. Kemudian pilih System Protection>System Restore.

Cara Mudah Membuat System Backup dan Restore di Windows    3. Nah seperti gambar di bawah ini, akan muncul list-list atau point backup yang sudah pernah dibuat/system                 buat, Pilih point backup yang kita inginkan kemudian next > Finish, tunggu hingga top up konfirmasi reboot muncul pilih OK. (jangan lupa tutup atau simpan terlebih dahulu aplikasi atau file yang sedang dijalankan)

Cara Mudah Membuat System Backup dan Restore di Windows   4. Biasanya akan memakan waktu lama jika selama ini anda banyak update-update atau install-install aplikasi maupun aplikasi bantuan pendukung seperti plugin di browser, codec atau yang lainnya, tunggu sampai selesai proses restore dan tampil startup login di monitor anda > login dan selesai bisa cek kembali system-system pada komputer anda.

 

Nah begitulah kurang lebih cara membuat point backup dan cara restorenya di OS windows 7,8,10 untuk windows XP ituh sendiri berbeda lagi tapi secara garis besarnya sama, untuk XP

  1. Klik Start (di pojok kiri bawah biasanya) > All Program > Accessories > System Tools > Backup
  2. Muncul jendela wizard Backup atau Restore dan klik Next
  3. Pilih BackUp Files and Setting > klik Next
  4. Kemudian ikuti perintah selanjutnya dan Finish

Mudaah kaan??

Ok begitu dulu ya, sampai jumpa di post-post berikutnya 😉

Facebook Comments

share TWEET SHARE
Related Posts
Leave a reply

Tinggalkan Komen Geengs

%d bloggers like this: