Artikel Spesial Game Mobile Legends, Tips and Trick, Event dan lainnya.

Terungkap!! 5 Perbedaan Rifle dengan SMG

Bagikan Artikel ini Geengs!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

azLews.CoM — Assalamualaikum Gamer tercinta dimanapun berada, siapa yang kemari gera-gara pengeen banget tau apa sih sebenarnya perbedaan Rifle dengan SMG ?Iyaarp buat kalian yang suka banget maen game tembak-tembakan khususnya game PUBG, pasti kepo sama judul diatas. Apasih sebenarnya yang membedakannya darimana dan segi apa.

Tanpa banyak cakap, kuuy simak

5 Perbedaan Rifle dengan SMG

1. Pengertian Rifle dengan SMG, Senjata Sub Machine Gun atau biasa di sebut SMG ini adalah jenis senjata api yang memiliki amunisi yang banyak, serta ringan geengs yang mana bakalan menambah kecepatan lari profile kalian jika di bandingkan dengan membawa senjata jenis Riffle.

Walaupun memiliki fire rate yang cukup tinggi, senjata jenis SMG memiliki damage yang lumayan kecil jika di bandingkan dengan jenis senjata lain nya. oleh karena itulah jenis senjata ini sangat cocok jika di pakai bertempur di jarak yang dekat atau sebagai rusher. Senjata yang mencakup ruang lingkup jenis SMG ini di game.

Sedangkan jenis senjata Assault Riffle atau biasa di sebut AR di dalam game adalah jenis senjata yang mempunyai laras panjang dan lumayan berat dan agak sedikit lebih besar di bandingkan senjata jenis SMG. Kelebihan dari jenis senjata Riffle ini ialah memiliki damage yang sangat kuat jika di bandingkan dengan senjata jenis SMG, serta mempunyai kestabilan pada saat melakukan tembakan.

2. Peluru yang digunakan, Berawal dariĀ  SubMachine Gun (SMG) menggunakan kaliber pistol. Penggunaan kaliber pistol memungkinkan submachine gun dapat memuat peluru yang lebih banyak karena ukurannya lebih kecil dibanding peluru Rifle umumnya. Penggunaan pistol kaliber juga menyebabkan submachine gun memiliki jarak efektif yang relatif pendek.

Perbedaan SMG dan Rifle
kiri ke kanan: peluru rifle (7.62 NATO), peluru intermediet (5.56 NATO), peluru pistol (9mm Parabellum)

Assault rifle menggunakan peluru rifle intermediete. Peluru intermediet tidak sebesar peluru rifle biasa dan tidak sekecil peluru pistol. Penggunaan kaliber ini memungkinkan assault rifle memperoleh jarak efektif yang lebih besar dibandingkan pistol dan SMG, namun tidak menghasilkan recoil sebesar rifle umumnya.

Wajib Baca nih geengs: 7 Hal yang HARUS kamu tahu tentang PUBG

3. Mekanisme rate tembakan, Umumnya SMG mempunyai rate of fire yang tinggi, berkisar antara 700-1,200 peluru per menit (exc. for mp 40 series sekitar 500-500 peluru /menit).

Mekanisme SubMachine Gun (SMG) umumnya menggunakan prinsip blowback. Mekanisme blowback menggunakan energi reaksi recoil dari peluru untuk mendorong selongsong keluar dan memasukkan peluru yang baru.

Perbedaan Rifle dengan SMG
Mekanisme blowback pistol, SMG juga memiliki blowback seperti ini

Senjata assault rifle memiliki rate of fire yang sedang, berkisar antara 500-950 peluru per menit. Mekanisme Assault rifle umumnya menggunakan prinsip gas operated.

Mekanisme gas operated menggunakan energi dari gas propelan (mesiu) untuk menggerakkan mekanisme pengeluaran dan pengisian kembali peluru. Kok enggak pake sistem blowback aja sih?

Well Geengs, silahkan kalian bayangkan kalau gambar animasi blowback tadi dengan recoil kira-kira dua kali lipat. Penggunaan sistem gas operated ini bertujuan agar recoil senjata dapat diminimalisasi sehingga lebih akurat.

Perbedaan Rifle dengan SMG
Mekanisme Gas Operated pada M16

Itulah salah satu perbedaan yang mencolok antara Rifle dengan SMG.

4. Yang biasa menggunakan senjata itu, Submachine gun menjadi senjata yang populer pada perang dunia 2 karena menjadi senjata otomatis yang praktis dan mudah dibawa. Meskipun populer, submachine gun bukan menjadi senjata standar pada masa itu.

Submachine gun (SMG) digunakan oleh regu serbu khusus (storm trooper), pemimpin skuad, atau paratrooper. Pasca perang dunia 2.

Assault rifle pertama muncul dan menjadi senjata standar prajurit pada konflik-konflik berikutnya. Penggunaan assault rifle dikarenakan assault rifle ideal pada pertempuran jarak jauh dan jarak dekat. Assault rifle menjadi populer karena serba guna dan memiliki jarak efektif yang lebih baik dan karena rate of fire yang lebih rendah membuat penembakkan lebih terkendali.

Terus SMG jadi enggak populer lagi dong? Tidak juga, submachine gun menjadi senjata pilihan para pasukan khusus, seperti Kopassus. Para prajurit khusus umumnya memerlukan senjata yang praktis dan memiliki volume tembakan yang tinggi.

Submachine gun juga digunakan oleh kepolisian, bodyguard, atau unit anti kriminal khusus karena kaliber pistol lebih kecil dan tidak menyebabkan over-penetrasi (peluru menembus target dan mengenai objek dibelakangnya).

5. Berbeda tapi saling membutuhkan, buat kalian yang suka bermain game FPS atau Multiplayer Survival pasti tahu ini, mereka dominan menggunakan Rifle dengan SMG, kanan dan kiri šŸ˜€

Submachine Gun (SMG) dengan selaras kecil, frame rate cepat namun kestabilan yang kurang, cocoknya jika digunakan dengan jarak dekat hampir sedang.

Assault Rifle dengan selaras panjang bin berat, Frame rate relatif tidak secepat SMG namun kestabilannya tepat, cocok untuk tembakan jarak jauh apalagi dikombinasikan dengan scope x4 atau x8, cadaaass

Naah itulah geengs 5 Perbedaan Rifles dengan SMG yang semoga bisa membantu kalian biar gak bingung lagi, harus menggunakan apaan ketika war berlangsung šŸ˜€

Naah azLews juga punya tips dan triknya nih geengs buat kalian pemain multiplayer survival kayak PUBG Mobile, Free Fire, ataupun ROS

Tips Menggunakan Senjata Rifle

Senjata assault rifle memang senjata yang mematikan, tetapi bakalan sering kalah damage atau rate of fire bila digunakan pada jarak dekat. Jadi ada baiknya kamu mengganti assault rifle dengan senjata lainnya yang lebih kuat di skenario CQB (close quarter battle), seperti misalnya SMG atau shotgun.

Gunakan scope dan aksesoris lainnya seperti compensator untuk mempermudah eksekusi musuh di jarak jauh.

Sebenarnya kamu juga bisa membawa assault rifle pada sekenario CQB selama kamu mengganti mode penembakannya menjadi auto atau burst. Tapi seperti yang kami sebutkan di atas, besar kemungkinan kamu akan kalah damage atau rate of fire menghgadapi senjata-senjata yang memang didesain untuk CQB.

Well sejatinya sih geengs gak harus begitu juga sih, ini cuma standartnya aja. Pointnya kita harus TEPAT kena doi seberapa cepat rate of fire kita pun, kalo gak kena sama ajah bodong, wkwkwk

 

Follow azLews juga di Sosmed ya Geengs :

Silahkan Baca juga Panduan bin Tips-Trik syahdu lainnya diĀ AzLews.comĀ di bawah ini Geengs!

Salam Penuh Bintang,

*azLews.COM



Tinggalkan Komen Geengs


%d bloggers like this: